Keluarga (family) adlah kelompok
yang terdiri dari dua atau lebih orang yang berhubungan melalui darah,
perkawinan atau adopsi dan tinggal bersama. Keluarga inti (nuclear family) adalah kelompok langsung yang terdiri dari ayah, ibu, dan
anak yang tingga bersama. Keluarga besar(extended family) mencakup keluarga inti, ditambah kerabat lain,
seperti kakek-nenek, paman dan bibi, sepupu dan kerabat karena perkawinan.
Keluarga dimana seseorang dilahirkan disebut keluarga orientasi(family of orientation), sementara
keluarga yang ditegakkan melalui perkawinan adalah keluarga prokreasi (family of procreation).
PERANAN INDIVIDU DALAM
PEMBELIAN KELUARGA
Keputusan konsumsi keluarga melibatkan
setidaknya lima peranan yang dapat didefinisikan. Peranan-peranan ini mungkin
dipegang oleh suami, istri, anak, atau anggota lain dalam rumah tangga. Peranan
ganda atau aktor ganda adalah normal.
- Penjaga
pintu (gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk
dan pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan
- Pemberi
pengaruh (influencer). Individu
yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan oleh
keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang paling mungkin
cocok dengan kriteria evaluasi itu
- Pengambil
keputusan (decider). Orang dengan
wewenang dan / atau kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang
keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek mana yang yang akan
dipilih.
- Pembeli (buyer). Orang yang bertindak sebagai agen
pembelian: yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai, menulis cek,
membawa produk kerumah, dan seterusnya.
- Pemakai (user). Orang yang menggunakan produk
Pemasar perlu berkomunikasi dengan pemegang
masing-masing peranan. Anak misalnya, adalah pemakai serealia, mainan, pakaian,
dan banyak produk lain, tetapi mungkin bukan pembeli. Salah satu atau kedua
orangtua mungkin merupakan pengambil keputusan dan membeli, walaupun anak
mungkin penting sebgai pemberi pengaruh dan pemakai.
Peranan memberi pengaruh mungkin dipegang oleh
orang yang paling ahli. Sebagai contoh, orangtua mungkin menjadi pengambil
keputusan mengenai mobil mana yang mereka akan beli, tetapi remaja kerp
memainkan peranan utama sebagai penjaga pintu informasi dan sebagai pemberi
pengaruh karena pengetahuan yang lebih banyak mengenai unjuk kerja, cirri
produk, atau norma social.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar